Blog Informasi Lowongan Kerja


26 November 2016

Tips wawancara kerja menurut para ahli semogacepat di terima kerja

Wawancara ini menurut saya menjadi bagian yang penting dalam proses penerimaan karyawan, disini pewancasara bisa bagian HRD atau Pimpinan langsung, dari cara berbicara kemudian sikap ini menjadi perhatian yang amat penting dalam penilaian.

Berikut ini ada Tips wawancara kerja menurut para ahli mudah-mudahan cepat di terima kerja yang dikutip dari internalauditindonesia.wordpress.com pada judul postingan Tips Rahasia Wawancara Kerja dari Para Ahli  simak ulasan berikut ini

Dalam wawancara , sudah pasti Anda akan dihujani berbagai pertanyaan oleh si pewawancara, dengan maksud untuk mengenal Anda lebih jauh. Banyak ahli percaya bahwa sebetulnya sukses dari sebuah wawancara kerja justru bergantung pada diri Anda sendiri. Mengapa? Karena pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara kepada seluruh calon pegawai pada dasarnya adalah sama, namun yang membedakan penilaian ialah jawaban dari masing-masing calon pegawai tersebut. Untuk itu, artikel ini merupakan artikel pertama yang akan mengupas tahap wawancara kerja dari kacamata Para Ahli (senior recruiter) – apa pandangan para Ahli kepada Anda. Sehingga dengan begitu, diharapkan Anda mampu ‘menyelami’ apa sebenarnya yang diinginkan/diharapkan para pewawancara dari Anda, calon pegawai baru. Berikut ini Tips rahasia tersebut:

1. Kreatifitas. “Bagi saya kreatifitas itu nomor satu. Selain itu, perlihatkan juga inisiatif, prestasi serta pencapaian apa yang telah Anda lakukan dan bagaimana cara Anda melakukannya.” (Jone Hurd, agen recruitment dari Los Angeles)

2. Luwes. “Jalin hubungan dengan orang yang memanggil Anda. Karena ini akan memberikan kesan bahwa Anda antusias dan sangat berminat pada pekerjaan yang ditawarkan. Anda bisa tanyakan apa saja yang perlu dibawa atau dokumen tambahan yang ia perlukan.” (Susan Major, agen recruitment di San Diego)

3. Berpikir Positif. “Jangan menjelek-jelekkan atas lama saat wawancara kerja. Hal ini membuat si pewawancara berpikir, jika Anda mengalami pengalaman buruk di perusahaan itu, apa yang terjadi di perusahaannya nanti?” (Phil Guigley, Bagian recruitment Yahoo!, California)

4. Bersikap Wajar. “Bersikap wajar saja. Jangan terlalu tinggi, juga jangan asal dengan mengatakan mau kerja apa saja, karena akan tampak punya pendirian. Ketahui kebutuhan perusahaan dan tawarkan kemampuan Anda. Pada umumnya perusahaan menerima karyawan karena 2 hal: untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan pekerjaan.” (Phil Guigley, Bagian recruitment Yahoo!, California)

5. Cepat beradaptasi (quick learner). “Orang yang terlihat mampu beradaptasi dalam lingkungan baru telah menunjukan kemampuan bekerja dengan tipe orang yang berbeda.” (Akihito “Kiko” Washington, VP SDM, Time Warner di New York)

Pada ulasan ini juga akan share sebuah kutipan yang saya rasa penting untuk diketahui sebelum anda akan diwawancarai , yaitu mengenai wawancara, berikut ada kutipan dari caraspot.com pada judul postingan  Cara Agar Mudah Lolos Interview Kerja simak ulasannya berikut ini

1. Perlihatkan kalau kamu memiliki PD (Percaya Diri) yang tinggi

Untuk sekarang ini kemampuan seperti ini yang paling diutamakan oleh perusahaan terutama yang nantinya bidangnya akan bersinggungan dengan banyak orang, seperti marketing, teller, costumer service, public relation, karyawan STAN, Hotel, administrasi dan sebagainya. Jika satu modal ini tidak dimiliki maka besar kemungkinan bahwa anda akan sulit lolos tahapan tes masuk kerja interview ini.

Percaya diri dalam hal ini sebenarnya bukan hanya untuk tujuan agar komunikasi dengan orang lain lebih baik dan berjalan lancar tapi juga mengenai kemampuan menyelesaikan setiap tugas kerja yang dibebankan pada si karyawan, semkan PD maka akan semakin merasa bisa menuntaskan semua tugas yang diberikan, dan bahkan seseorang dengan karakter demikian jauh lebih cepat mempelajari hal-hal baru yang mana inilah yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Sebaliknya, jika seseorang kurang percaya diri maka ia akan sulit melakukan komunikasi dengan orang lain dan tentunya akan banyak pekerjaan yang terbengkalai karenanya. Belum lagi soal deadline dan target yang dibebankan, bila ia kurang memiliki ‘self confidence’ yang baik sudah pasti dia akan selalu pesimis dalam segala hal dan kemungkinan yang ia hadapi.

2.  Mau lolos interview? Jangan pernah memberi jawaban ‘Tidak!’

Sering kali saat kita mengikuti tes interview maka si penguji akan selalu bertanya soal kemampuan apa yang kita miliki, misalnya saja ditanya, “Bisa komputer?” atau “Bisa menggunakan program komputer seperti Photoshop, Powerpoint dan sebagainya?”. Nah kalau kamu mendapat pertanyaan interview seperti ini maka pastikan untuk tidak menjawab ‘tidak’, karena sekali kamu menjawab demikian maka si penguji tadi sudah bisa memberi penilaian terhadap kemampuanmu dan bahkan bisa jadi ia sudah bisa memutuskan dalam hati bahwa kamu tidak layak diterima kerja, dan juga sudah pasti selanjutnya tidak akan adalagi panggilan untuk proses melamar kerja berikutnya (seperti nego gaji per bulan dll) karena kamu sudah dianggap gugur. Saya kira ini adalah poin penting soal cara agar mudah diterima intervie karena sekarang ini hampir semua dunia kerja mensyaratkan kemampuan menggunakan berbagai program dalam komputer untuk memudahkan ketika ada tugas yang berkaitan dengannya, misalnya desain grafis, edit foto / gambar di komputer, membuat slide presentasi dan sebagainya.

Lalu bagaimana solusinya jika memang tidak tahu sama sekali, apakah harus bohong? Jadi begini, jika anda memang tidak melamar untuk tujuan menjadi designer grafis, maka ini bisa dilakukan. Caranya adalah cukup katakan ‘bisa’ dan urusan selanjutnya adalah tinggal kamu mati-matian belajar dari buku, apalagi cuma mau belajar program seperti photoshop dan power point kan hanya butuh 1 hingga 2 minggu saja untuk bisa paham penggunaannya, selanjutnya belajar sambil jalan saja saat sudah resmi jadi karyawan. Karena begini sob, umumnya setelah dinyatakan lulus kamu akan ditanya kapan bisa mulai kerja, nah disitulah kesempatan kamu untuk memberi alasan bahwa sekitar 2 minggu atau 1 bulan lagi baru bisa mulai karena alasan ada urusan yang harus dituntanskan dulu. Selain itu, syarat kemampuan menggunakan desain grafis bukan syarat mutlak dan itu pun baru digunakan kalau diperlukan. Sama halnya dengan bahasa Inggris, saat ini juga banyak perusahaan yang mensyaratkan harus bisa minimal passive, padahal saat bekerja terkadang tidak diperlukan sama sekali. Masuk akal kan?

Selain keterampilan yang disebutkan di atas, ada satu lagi yang juga dibutuhkan jika ingin masuk ke perusahaan media penerbitan atau pun situs berita online, yaitu paham dan bisa cara mengetik 10 jari. Ini diperlukan sekali karena menyangkut soal kecepatan kerja karyawan dalam menjalankan tugas setiap harinya.

3. Jawablah sesuai pertanyaan yang diberikan

Pada masalah ini banyak sekali pelamar kerja yang tidak tahu bahwa sebenarnya orang yang menjawab bertele-tele malah akan mendapat penilaian buruk dari penguji, atau Kabag. HRD yang biasanya melakukan tugas perekrutan karyawan baru. Di antara efeknya adalah akan dinaggap tidak tegas dan ‘jago ‘ngeles’. Untuk itu, sebaiknya jawab saja seadanya kalau memang mau lolos interview dengan mudah dan bisa mendapatkan pekerjaan dengan gampang. Jika seandainya hanya jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ yang diminta maka jawab saja seperti itu, tidak usah malah panjang lebar yang membuat kamu sulit sendiri. Keculia jika memang diminta langsung dari HRD-nya, maka barulah kamu jawab dengan lengkap dan detail. Misalnya saja, apakah kamu pernah bekerja di tempat lain? Maka jawab saja ‘Iya’ jika memang benar demikian, dan baru ditambah penjelasan jika ada pertanyaan selanjutnya.

4. Berikan alasan keluar kerja dari perusahaan sebelumnya yang sifatnya ‘positif’

Ini juga penting sekali dilakukan, jika anda memang baru ‘resign’ dari perushaan lain maka sedapat mungkin berikan alasan yang tidak membuat penilaian yang negatif dari penguji, misalnya keluar kerja karena alasan pindah tempat dan karena jauh jadi harus keluar, karena perusahaan sebelumnya tutup atau selainnya, yang penting tidak menimbulkan penilain negatif pada kepribadianmu.

Adapun jawaban yang tidak baik, misalnya keluar kerja karena sudah malas bekerja di tempat tersebut, karena melakukan kesalahan yang tidak dapat diterima sehingga harus dikeluarkan tanpa hormat dan lainnya yang jika disampaikan kepada orang lain maka kamu akan dinilai memiliki sifat yang buruk. Nah, biar tidak kaget dan bisa mempersiapkan diri sebelum wawancara kerja, maka ada baiknya tau persis apa saja contoh pertanyaan interview kerja beserta jawabannya.

5.  Apa Motivasi kamu Bekerja?

Kalau ditanya soal motivasi kerja maka berilah jawaban yang sesuai dengan bidang yang kamu lamar, misalnya saja melamar jadi penulis di suatu penerbit, maka bilang saja kalau kamu hobi menulis dan senang dengan pekerjaan tersebut. Jangan sampai memberi alasan buruk, misalnya karena terpaksa jadi melamar diperusahan bapak atau apalah… yang malah membuat kamu dinilai sebagai calon karyawan yang buruk. Atau bisa juga dijawab yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan, misalnya saja karena yang ditempati melamar adalah koperasi syariah yang berkomitmen ingin menghapus Riba, maka beri saja alasan saat kamu interview bahwa saya senang bekerja di tempat tersebut karena dapat membantu banyak masyarakat muslim terhindar dari praktek Riba dan sebagainya.

6.  Saat tawar menawar gaji berikanlah jawaban yang normatif

Normatif maksudnya adalah bahwa jawaban yang kamu berikan tidak secara spesifik menjawab pertanyaan dari kepala bagian kepegawaian yang biasanya jadi juru seleksi. Jadi misalnya ditanya “berapa gaji yang kamu inginkan?” maka cukup bilang “sesuai dengan standar perusahaan dan pemerintah saja!” Tidak usah berikan jawaban muluk-muluk.

Atau misalnya sudah punya pengalaman bekerja sebelumnya maka cukup katakan kalau “mungkin bisa lebih tinggi dari UMR karena sebelumnya sudah pernah bekerja di bidang yang sama dan sudah berpengalaman mengenai bidang yang dilamar”. Jangan sampai ngotot mau digaji sesuai jumlah yang kamu minta karena sudah pasti dalam tips cara agar mudah lolos interview ini kamu akan dinyatakan tidak layak jadi karyawan baru diperusahaan tersebut karena dianggap banyak maunya dan suka nuntut.

Selanjutnya simak juga : Cape Belum Dapat Kerja Berikut ini Anjuran Agar Cepat Dapat Pekerjaan

 
Atas